Pages

Jumat, 05 Juni 2015

Ini Beberapa Jenis Jenis Sayuran yang Cocok untuk Berkebun di Dalam Ruangan


Jenis Sayuran yang Cocok untuk Berkebun di Dalam Ruangan

Jangan kesampingkan hobi berkebun Anda hanya karena tidak memiliki lahan. Paling tidak rumah harus memiliki area sejuk dengan pemandangan hijau di dekat jendela. Salah satunya dengan bertanam sayur di dalam rumah menjadi tren saat ini. Namun tidak semua sayuran bisa ditanam di dalam ruang. Karena tanaman tersebut membutuhkan media pot yang hemat tempat.
Ada beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam di dalam ruangan dan bisa tetap menghasilkan. Apa saja tanaman tersebut? Inilah jenis sayuran yang bisa berkembang di dalam ruangan.

1. Cabai 

cabai
Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.
Tanaman cabai cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang, serta tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret-April). Tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang ditanam dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit. Buah cabai yang telah diseleksi untuk bibit dijemur hingga kering. Kalau panasnya cukup dalam lima hari telah kering kemudian baru diambil bijinya.

2. Tomat tomat

Tomat adalah jenis yang mudah ditumbuhkan karena sangat menyukai ruangan dengan sinar matahari dan bisa ditumbuhkan baik dalam wadah kecil atau besar. Untuk pot yang diletakkan di dekat jendela atau yang digantungkan, pilihlah varietas seperti tomat cheri. Tomat Sweet Million juga salah satu tipe yang cepat berproduksi dan juga memiliki rasa segar. Tak hanya itu secara tampilan pun layak dijadikan dekorasi tumbuhan gantung.

3. Terong terong

Tanaman terong membutuhkan ruang yang lebih agar bisa tumbuh, namun anda bisa menanamnya dalam sebuah pot yang cukup besar. Dibutuhkan sinar matahari yang banyak untuk tetap menjaga tanaman terong tumbuh dengan baik, disamping itu memang faktanya tanaman terong berkembang di tanah yang hangat. Anda juga harus menjaga tanah benar-benar lembab, tapi tidak basah, dan tetap jaga asupan pupuk dan bahan organik lainnya.

4. Wortel wortel

Tipe sayuran ini memang biasanya di tanam dikebun karena membutuhkan media tanah untuk menumbuhkan akar yang terus ke bawah. Tapi Anda juga bisa mengembangkannya dengan media pot dan akan berbuah setelah 21 – 25 hari.

5. Kentang kentang

Saat sayuran ini ditanam di luar, ia akan tumbuh dengan mudah di dalam pot atau karung plastik dan tetap menghasilkan rasa enak. Sementara ketika ditanam didalam ruangan, pastikan beri ruang di wadah untuk lebih banyak kompos bagi tumbuhan ketika umbi batang kentang berkembang di tanah.

6. Kacang dan Buncis

kacangbuncis
Pilih buncis jenis kurcaci yang mudah dibiakkan menggunakan media pot sekalipun di musim hujan. Namun jika Anda ingin jenis buncis biasa pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup. Anda pun juga menggantungkan pot-pot buncis sebagai hiasan interior.

8. Jamur jamur

Sekalipun di dalam ruangan gelap, jamur bisa tumbuh dengan cepat. Gunakan media kantung plastik yang bawahnya sudah dilubangi. Isi kantung dengan kompos khusus jamur. Saat merawat tanaman ini Anda hanya butuh air dan biarkan tanaman ini tumbuh di tempat gelap tanpa sirkulasi udara. Suhu harus dijaga antara 10 – 15 derajat Celcius dan dalam beberapa pekan jamus sudah siap dipanen.

0 komentar:

Posting Komentar