Pages

Sabtu, 13 Juni 2015

Resep Bolu Gulung Kukus Sederhana dan Cara Membuat

Cara Membuat Sederhana Resep Bolu Gulung Ekonomis. Selain terkenal dengan keaneka ragaman resep masakahnya, negara kita juga mempunya banyak variasi resep kue yang mempunya citarasa khas dan lezat. Salah satu yang cukup populer dan terkenal di tengah masyarakat kita adalah Resep Bolu Gulung. Mungkin banyak diantara teman teman yang tahunya kue bolu gulung itu dipanggang atau di oven. Kali ini, saya akan mengajak teman teman membuat resep bolu yang spesial, yaitu resep bolu kukus. Ya, cara membuat bolu gulung kukus ini sangat mudah sekali, bahkan buat teman teman remaja putri yang tidak biasa membuat kue pun dengan mudah bisa membuat resep bolu gulung kukus sederhana dan ekonomis ini. Teman teman mungkin masih ingat pada tahun 90 an resep bolu gulung kukus ini sangat terkenal sekali dan menjadi salah satu kue paling digemari oleh kebanyakan keluarga di Indonesia. Mungkin saat itu belum banyak resep kue dari luar negeri yang masuk ke negara kita, seperti resep tiramisu cake, rainbow cake dan yang lainnya. Hampir di setiap acara penting di jaman itu kue bolu gulung ini hampir pasti selalu ada di meja meja hidangan. Apalagi saat hari besar agama, hampir bisa dipastikan bolu gulung ini pasti ada untuk sajian buat tamu dan keluarga. Selain itu, kue bolu satu ini juga cocok sekali untuk teman nonton acara favorit tv bersama segelas teh, susu atau kopi.
Resep bolu gulung kukus termasuk dalam resep kue basah. Dibandingkan dengan resep kue lainnya, Resep bolu kukus ini cara membuat nya cukup sederhana dan ekonomis tidak membutuhkan banyak bahan. Walaupun begitu, kalau masalah rasa, kue bolu gulung kukus ini tidak kalah enak dan lezat dibandingkan dengan resep kue kukus lainnya. Tekstur nya juga cukup lembut sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Oke untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan dan cara membuat bolu gulung kukus sederhana di bawah ini.
Resep Bolu Gulung Kukus Pandan
Resep Bolu Gulung Kukus Pandan Sederhana

Bahan bahan Resep Bolu Gulung Kukus Pandan Sederhana

  1. Seperti resep kue basah lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Ayak tepung sebelum digunakan supaya tidak ada kotoran yang menempel.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir.
  3. Pasta pandan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  4. Buttercream kualitas bagus secukupnya untuk melapisi bagian dalam kue bolu gulungnya.
  5. Santan kental kurang lebih sebanyak 50 ml.
  6. Gula putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram.
  7. Cake emulsifer atau biasa dikenal juga dengan pengembang kue kurang lebih sebanyak satu sendok kecil.
  8. Kertas roti.

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Ekonomis

  1. Ambil wadah ukuran sedang besar untuk membuat adonan utamanya.
  2. Masukkan gula putih yang sudah dipersiapkan dan pengembang kue nya kedalam wadah adonan. Aduk aduk sebentar supaya tercampur rata.
  3. Pecahkan telur ayam dan masukkan satu persatu ke dalam wadah adonan di atas. Kocok semua bahan sampai mengembang.
  4. Masukkan tepung terigu protein sedang ke dalam adonan di atas. Aduk aduk semua bahan memakai spatula supaya tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung.
  5. Masukkan santan yang sudah dipersiapkan ke dalam adonan di atas. Aduk aduk supaya tercampur rata.
  6. Masukkan juga pasta pandan ke dalam adonan diatas lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  7. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus kue bolu pandannya. Tuang adonan bolu gulung di atas ke dalam loyang dan ratakan di dalam loyangnya.
  8. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kukus adonan bolu gulung sampai matang atau kurang lebih membutuhkan waktu 20-24 menit supaya benar benar matang.
  9. Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu sampai uap panas dari kue hilang sebelum di olesi buttercream di bagian atasnya.
  10. Kelurkan dengan cara dituang kue bolu gulung di atas kertas roti. Segera olesi bagian atas kue bolu dengan buttercream yang sudah dipersiapkan sebelumnya sampai semua bagian tertutup rata.
  11. Setelah menggulung bolu yang sudah diolesi buttercream lalu tekan dan padatkan supaya menempel dan membentuk gulungan sempurna.
Bagaimana menurut teman teman cara membuat bulu gulung kukus diatas? Cukup sederhana bukan. Selain pasta pandan, teman teman juga bisa membuat dengan pasta coklat atau mengganti buttercreamnya dengan selai coklat atau strawbery. Tema teman juga bisa melapisi bagian luar kue ini dengan parutan keju supaya lebih menarik dan lezat.


sumber http://resepcaramemasak.info/resep-bolu-gulung-kukus-sederhana-dan-cara-membuat/

0 komentar:

Posting Komentar